Penulis / NIM
RISWANTO PAKAYA / 151418121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Abstrak
ABSTRAK
Riswanto Pakaya 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si, dan Pembimbing II Dr. Candra Cuga, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo ?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa sebagai sumber belajar di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 80% hasil belajar siswa mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 73%. Kemudian mengalami peningkatan kembali pada Siklus II sebesar 87%. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penelitian adalah dengan memanfaatkan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar karena siswa dihadapkan pada peristiwa dan keadaan yang sebenarnya. Sesuatu yang dipelajari melalui Rumah Adat Dulohupa sebagai sumber belajar Pada Pembelajaran IPS Menjadi lebih nyata, lebih faktual dan keberadaannya dapat dipertanggungjawabkan. Dengan Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar Siswa dapat memahami dan Menginternalisasikan nilai-nilai kebudayaan Setempat. Dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Rumah Adat Dulohupa, Hasil Belajar, IPS
Download berkas