SKRIPSI

Penulis / NIM
SINTIA WULANDARI KATILI / 151418122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Abstrak
ABSTRAK Sintia Wulandari Katili 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Berbantuan Media UTARAN (Ular Tangga Ragam Pengetahuan) Siswa Kelas V SDN 2 Botupingge Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw berbantuan media UTARAN (ular tangga ragam pengetahuan) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Botupingge dapat ditingkatkan?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips melalui model pembelajaran cooperative tipe jigsaw berbantuan media utaran (ular tangga ragam pengetahuan) siswa kelas v sdn 2 botupingge. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pada observasi awal siswa yang memperoleh hasil belajar IPS lebih dari KKM berjumlah 4 orang siswa atau 28,57%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan pertama dari 14 siswa meningkat menjadi 5 orang siswa atau 35,71% dan yang belum memenuhi KKM ada 9 siswa atau 64,28%. Pada pelaksanaan siklus I pertemuan kedua dari 14 siswa meningkat menjadi 7 orang siswa atau 50% dan yang belum memenuhi KKM ada 7 siswa atau 50%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama dari 14 siswa meningkat menjadi 10 orang siswa 71,42% dan yang belum memenuhi KKM ada 4 siswa atau 28,57%. Dan pelaksanaan siklus II pertemuan kedua dari 14 siswa meningkat menjadi 12 orang siswa atau 85,71% dan yang belum memenuhi KKM ada 2 siwa atau 14,28%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model Cooperative Tipe Jigsaw berbantuan media utaran (ular tangga ragam pengetahuan) hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Botupingge meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Jigsaw, Media UTARAN
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011