Penulis / NIM
NUR`AIN S. BIYA / 151418125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
NUR'AIN S. BIYA 2022. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Media Audio Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Melalui Media Audio Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?" Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Media Audio Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumantasi.
Observasi awal menunjukan bahwa, dari 20 siswa hanya 5 atau 25% siswa termasuk pada kategori mampu menyimak cerita rakyat. Pada siklus I pertemuan I sebanyak 7 atau 35% siswa yang mampu menyimak cerita rakyat, pada siklus I pertemuan 2 meningkat 10 atau 50% siswa yang mampu menyimak cerita rakyat. karena pada siklus I belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II pertemuan I menjadi 13 atau 65% siswa yang mampu menyimak cerita rakyat. Siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan, sebanyak 17 atau 85% siswa yang mampu menyimak cerita rakyat sedangkan sisanya 3 atau 15% siswa yang tidak mampu menyimak cerita rakyat dan tindak lanjut terakhir diserahkan kepada guru wali kelas. Disimpulkan bahwa Melalui Media Audio Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Meningkat.
Kata Kunci : Menyimak Cerita Rakyat, Media Audio
Download berkas