Penulis / NIM
SULISTIAWATI ARAFAH / 151418131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Sulistiawati Arafah 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen melalui Metode Speed Reading Kelas V SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Masalah dalam penelitian "Bagaimana metode Speed Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa kelas V SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango? "Tujuan penelitian, meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa melalui metode Speed Reading pada siswa kelas V SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.
Observasi awal menunjukan bahwa, dari 25 siswa hanya 8 (32%) siswa termaksud pada kategori mampu membaca cerpen. Pada siklus I pertemuan I sebanyak 10 (40%) siswa yang mampu membaca cerpen, pada siklus I pertemuan 2 meningkat 13 (52%) siswa yang mampu membaca cerpen. Jumlah dan presentase tersebut meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 17 (68%) siswa yang mampu membaca cerpen. Kemudian pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan, sebanyak 22 (88%) siswa yang mampu membaca cerpen sedangkan sisanya 3 (12%) siswa yang tidak mampu membaca cerpen. Disimpulkan bahwa kemampuan membaca cerpen melalui metode Speed Reading kelas V SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Meningkat.
Kata Kunci : Membaca Cerpen, Metode Speed Reading
Download berkas