Penulis / NIM
SEPTIANA WARNIDA HASDAR / 151418132
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Septiana Warnida Hasdar, 2022. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Media Gambar Pada Kelas IV MIM Unggulan Kota Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar kemampuan siswa menulis puisi pada kelas IV MIM Unggulan Kota Gorontalo dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui media gambar pada kelas IV MIM Unggulan Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni tes, observasi dan dokumentasi.
Pengamatan awal diperoleh data bahwa jumlah 20 orang siswa, hanya 5 orang (25%) yang mampu menulis puisi, dan yang belum mampu menulis puisi masih 15 orang (75%). Kemudian pada siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 7 orang (35%) yang mampu menulis puisi. Pada siklus I pertemuan kedua menjadi 10 orang (50%) yang mampu menulis puisi, dan pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 14 orang (70%) yang sudah mampu menulis puisi. Pada siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 17 orang (85%) yang mampu menulis puisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis puisi melalui media gambar pada kelas IV MIM Unggulan Kota Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Menulis Puisi, Media Gambar.
Download berkas