Penulis / NIM
INDRAWAN SAPUTRA AHMAD / 151418135
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Indrawan S Ahmad 2022, Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Model Talking Stick Di Kelas IV SDN 2 Botupingge, Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Evi Hasim, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini dengan melalui model talking stick di kelas IV SDN 2 Botupingge dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui model talking stick pada siswa kelas IV SDN 2 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Pada observasi awal yang mampu berbicara berjumlah 4 siswa atau 40%. Setelah di lakukan tindakan siklus I pertemuan I belum mengalami peningkatkan terdapat 4 siswa yang mampu berbicara atau 40% dan tidak mampu 6 siswa atau 60%. Pada pertemuan II siswa yang mampu 5 siswa atau 50% dan tidak mampu 5 siswa atau 50%. Pada siklus II pertemuan I terdapat 6 siswa yang mampu atau 60% dan tidak mampu 4 siswa atau 40%. Pada pertemuan II yang mampu 8 siswa atau 80% dan yang tidak mampu 20%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model talking stick dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 2 Botupingge Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Berbicara, Model Talking Stick
Download berkas