Penulis / NIM
TESYA WARAHMA DUNDA / 151418137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Tesya Warahma Dunda 2022, Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Teknik Modelling Siswa Kelas II SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum , pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa dalam membaca puisi dapat di tingkatkan melalui teknik modelling di kelas 2 SDN 12 Telaga Biru?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi menggunakan teknik modelling . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes kemampuan siswa dan dokumentasi.
Penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Hasil kemampuan membaca puisi yang diperoleh pada siklus I yang mencapai ketuntasan hanya 11 siswa yaitu 52% dan mengalami peningkatan setelah dilaksanakan siklus II. hal ini terlihat dari hasil kemampuan membaca puisi siswa pada siklus II yang sudah mencapai ketuntasan berjumlah 17 orang yaitu mencapai 81%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik modelling dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 2 SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dalam membacakan puisi
Kata kunci : Puisi, dan Teknik Modelling
Download berkas