Penulis / NIM
NUR KHAIRUNNISA SADINGO / 151418139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
Nur Khairunnisa Sadingo, 2022. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V di SDN 02 Telaga Biru Kabupaten Gorontao. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbingan I, Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II, Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui media audio visual kemampuan menyimak cerita siswa kelas V di SDN 02 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan?. Tujuan peneliti meningkatkan kemampuan menyimak cerita melalui media audio visual pada siswa kelas V di SDN 02 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan teknik pengukuran data adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi awal kemampuan menyimak cerita dari 35 siswa yang mampu hanya 9 siswa atau 26%, yang kurang mampu 15 siswa atau 43% dan yang tidak mampu 11 siswa atau 31%. Pada siklus I pertemuan pertama kemampuan menyimak cerita siswa meningakat menjadi 10 siswa atau 28% yang mampu, 16 siswa atau 46% kurang mampu dan 9 siswa atau 26% yang tidak mampu. Pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 18 siswa atau 51%, 12 siswa atau 34% kurang mampu dan 5 siswa atau 14% tidak mampu. Pada siklus II pertemuan pertama meningkat menajdi 24 siswa atau 68% yang mampu dan 11 siswa atau 31% kurang mampu. Pada siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menajdi 20 siswa atau 86% yang mampu dan 5 siswa atau 14% kurang mampu. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulakan bahwa kemampuan menyimak cerita di kelas V SDN 02 Telaga Biru meningkat.
Kata Kunci : Menyimak Cerita, Media Audio-Visual
Download berkas