Penulis / NIM
FADILAH UMAR / 151418141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Fadilah Umar. 2022. Penerapan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Pada Siswa Kelas II SDN 49 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman M.Hum dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan keterampilan proses dalam meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDN 49 Dumbo Raya Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah Untuk menerapkan keterampilan proses dalam meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas 2 di SDN 49 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 pertemuan I mengalami peningkatan dari observasi awal dimana siswa yang sudah mampu berjumlah 7 orang siswa atau 28% dan masih 18 orang siswa atau 72% yang tidak mampu. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 15 orang siswa atau 60% siswa yang sudah mampu dan masih 10 orang siswa atu 40% siswa yang tidak mampu. Sedangkan pada pertemuan siklus II pertemuan I meningkat menjadi 22 orang siswa atau 88% yang sudah mampu dan masih 3 orang siswa atau 12% yang tidak mampu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan keterampilan proses dalam meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SDN 49 Dumbo Raya Kota Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Menulis Kalimat Sederhana,Penerapan Keterampilan Proses
Download berkas