Penulis / NIM
ANANDA MIFTAHUL RAHMA MOISO / 151418142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
ANANDA MIFTAHUL RAHMA MOISO. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan melalui Metode Ulang Ucap Pada Siswa Kelas I SDN 8 Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum Dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Masalah dalam penelitian "Bagaimana metode Ulang Ucap dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa kelas I SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian, meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa melalui metode Ulang Ucap pada siswa kelas I SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.
Hasil capaian pada observasi awal menunjukan bahwa, dari 25 siswa hanya 8 (32%) siswa termasuk pada kategori mampu berbahasa lisan. Pada siklus I pertemuan I sebanyak 10 (40%) siswa yang mampu berbahasa lisan, pada siklus I pertemuan 2 meningkat 13 (52%) siswa yang mampu berbahasa lisan. Jumlah dan presentase tersebut meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 17 (68%) siswa yang mampu berbahasa lisan. Kemudian pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan, sebanyak 22 (88%) siswa yang mampu berbahasa lisan sedangkan sisanya 3 (12%) siswa yang tidak mampu berbahasa lisan. Disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa lisan melalui metode Ulang Ucap kelas I SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Meningkat.
Kata Kunci : Berbahasa Lisan, Metode Ulang Ucap
Download berkas