Penulis / NIM
RAHMATIA HUSAIN / 151418143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
RAHMATIA HUSAIN 2022. Meningkatkan Literasi Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Siswa Kelas I SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Rusmin Husain,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai,S.Pd,M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui media gambar kemampuan literasi membaca permulaan siswa kelas I SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi membaca permulaan melalui media gambar siswa kelas I SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama yaitu 10 siswa atau 40% yang mampu membaca literasi permulaan, siklus I pertemuan kedua yaitu 13 siswa atau 52% yang mampu membaca literasi permulaan, karena pada siklus I belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II pertemuan pertama yaitu 17 siswa atau 68% yang mampu membaca literasi permulaan dan pada siklus II pertemuan kedua meningkat menjadi 22 siswa atau 88%. Siswa sudah paham dan ikut aktif dalam proses pembelajaran melalui media gambar. Berdasarkan tindakan penelitian ini di simpulkan bahwa dengan melalui media gambar kemampuan literasi membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci : Literasi Membaca Permulaan, Media Gambar
Download berkas