Penulis / NIM
RIZAL ISMAIL / 151418144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Model Think Pair And Share Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain. M.Pd Dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Think Pair And Share dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui model bertukar pasangan pada siswa kelas IV SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Pada observasi awal yang mampu berbicara berjumlah 4 siswa 20%. Setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan I dari 20 siswa meningkat menjadi 8 siswa atau 40% yang tidak mampu ada 12 atau 60%. Siklus I pertemuan II menigkat Menjadi 11 atau 55% dan yang kurang mampu 9 atau 45%. Dan pelaksanaan siklus II pertemuan I ada 13 atau 65% sedangkan yang tidak mampu ada 7 siswa atau 35% Dan Siklus II pertemuan II meningkat menjadi 16 atau 80% dan yang kurang mampu 4 atau 20%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model Think Pair And Share dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Berbicara, Model Think Pair And Share
Download berkas