Penulis / NIM
SITI RAHMATIA ADAM / 151418146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Siti Rahmatia Adam 2022, meningkatkan literasi membaca permulaan melalui media kartu huruf pada siswa kelas I SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui media kartu huruf literasi membaca permulaan siswa di kelas I SDN 5 Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi membaca permulaan melalui media kartu huruf pada siswa kelas I SDN 5 Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas.
Penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Hasil literasi membaca permulaan yang diperoleh pada siklus I yang mampu membaca permulaan 8 siswa atau 40% dan yang tidak mampu membaca permulaan 12 siswa atau 60%. Hal ini belum mencapai target yang telah ditentukan yaitu minimal 75% maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II dari 20 siswa yang mampu membaca permulaan 18 siswa atau 90% dan yang tidak mampu membaca permulaan 2 siswa atau 10%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui media kartu huruf literasi membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata kunci : Literasi Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf
Download berkas