Penulis / NIM
WINASRI MOKOAGOW / 151418148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
Winasri, Mokoagow 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Konkret Pada Siswa Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dr. Rusmin Husain, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, Apakah Melalui Media Konkret Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui melalui Media Konkret pada siswa kelas V di SDN 1 Telaga Kabupetn Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika menggunakan media konkret maka kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat.
Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I dengan jumlah siswa 26 yang mampu 12 siswa atau 46% dan tidak mampu 14 siswa atau 54%. Pertemuan II dari 26 siswa yang mampu 16 siswa atau 61% dan tidak mampu 10 siswa atau 39%. Siklus II pertemuan I dari 26 siswa yang mampu 20 siswa atau 76% dan tidak mampu 6 siswa atau 24%. Pertemuan II dari 26 siswa yang mampu 23 siswa atau 88% dan tidak mampu 3 siswa atau 12%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, pada pertemuan disetiap siklus, disimpulkan bahwa dengan melalui Media Konkret kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo telah meningkat.
Kata Kunci : Menulis Puisi, Media Konkret
Download berkas