SKRIPSI

Penulis / NIM
ZAINUDIN B. SALUM / 151418149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Zainudin B. Salum, 2022. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas V SDN 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian bertujuan untuk menigkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah menggunakan model problem based learning pada siswa kelas V SDN 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan PTK model Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas V SDN 1 Telagga Jaya Kabupaten Gorontalo. Tindakan dalam penelitian ini ada 2 siklus (Siklus I dan Siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh data dari 26 siswa dikenai tindakan hanya 11 Siswa atau 36% yang memperoleh nilai 75 ke atas dan 15 siswa atau 64% yang memperoleh nilai 75 ke bawah. Hal ini belum mencapai indikator yang telah ditentukan yakni minimal 75% siswa dikenai tindakan dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data, siswa yang mampu dengan perolehan nilai 75 ke atas berjumlah 23 siswa atau 97% dan 3 siswa atau 3% memperoleh nilai 75 ke bawah. Hal tersebut telah mencapai indikator yang ditentukan sehingga penelitian sinyatakan berhasil dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning kemampuan menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas V SDN 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Soal cerita, Bilangan cacah, Model Problem Based Learning.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011