Penulis / NIM
KRISMARIANTI / 151418150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Krismarianti. 2022, meningkatkan kemampuan menyampaikan argumen melalui model Jigsaw pada siswa kelas IV SD Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, "Apakah melalui model jigsaw kemampuan menyampaikan argumen siswa kelas IV SD Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyampaikan argumen melalui model Jigsaw pada siswa kelas IV SD Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes kemampuan siswa dan dokumentasi.
Pada observasi awal kemampuan menyampaikan argumen diperoleh 6 siswa yaitu 28% yang mampu menyampaikan argumen dan 15 siswa yang tidak mampu yaitu 72%. Penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Hasil kemampuan menyampaikan argumen yang diperoleh pada siklus I yang mampu menyampaikan argumen hanya 11 siswa yaitu 52% dan mengalami peningkatan setelah dilaksanakan siklus II. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan menyampaikan argumen siswa pada siklus II yang meningkat berjumlah 17 orang yaitu mencapai 81%, dan tersisa 4 siswa yang belum mampu yaitu 19%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dalam menyampaikan argumen.
Kata kunci : Argumen, Model Jigsaw
Download berkas