Penulis / NIM
ANA YULIANA ANTULI / 151418152
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Ana Yuliana Antuli. 2022. Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas II SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Talking Stick kemampuan bercerita siswa kelas II SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui model Talking Stick pada siswa kelas II SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Dari hasil penelitian observasi awal menunjukkan bahwa dari 16 siswa terdapat 4 siswa atau 25% yang memiliki kemampuan bercerita. Pada siklus I pertemuan pertama menjadi 6 siswa atau 38% yang memiliki kemampuan bercerita, dan pada siklus I pertemuan kedua menjadi 8 siswa atau 50% yang memiliki kemampuan bercerita. Penelitian tindakan kelas ini perlu melakukan pembelajaran ke pertemuan selanjutnya karena kemampuan bercerita siswa melalui model Talking Stick belum mencapai indikator kinerja penelitian. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama 11 siswa atau 69% yang memiliki kemampuan bercerita, dan pada siklus II pertemuan kedua 14 siswa atau 88% yang memiliki kemampuan bercerita. Dengan demikian hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model Talking Stick kemampuan bercerita pada siswa kelas II SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci : Bercerita, Talking Stick
Download berkas