Penulis / NIM
WAHYUNI DALU / 151418154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Wahyuni Dalu 2022, Meningkatkan kemampuan membaca teks narasi melalui model Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dr. Rusmin Husain,M.Pd , pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing kemampuan membaca teks narasi pada siswa kelas V SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca teks narasi melalui model Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas.
Penelitian dilakukan sebanyak II siklus, hasil kemampuan membaca teks narasi yang diperoleh pada siklus I dari 20 siswa yang mampu membaca teks narasi 10 siswa atau 50% dan yang tidak mampu 10 siswa atau 50%. Hal ini belum mencapai target yang telah ditentukan yaitu minimal 75%. Pada siklus II dari 20 siswa yang mampu membaca teks narasi 18 siswa atau 90% dan yang tidak mampu membaca teks narasi 2 siswa atau 10%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui model Snowball Throwing kemampuan membaca teks narasi pada siswa kelas V SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata kunci : Teks Narasi, Model Snowball Throwing
Download berkas