Penulis / NIM
TRI ADELIAWATI LALU / 151418155
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Tri Adeliawati Lalu. 2022. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimak Cerita Fiksi Melalui Media Audio Visual Pada Kelas IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media audio visual kemampuan siswa menyimak cerita fiksi pada kelas IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menyimak cerita fiksi melalui media audio visual pada kelas IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan pada observasi awal, bahwa dari 30 orang siswa terdapat 8 orang siswa atau sebesar 27% yang dinyatakan mampu sedangkan 22 orang siswa atau sebesar 73% yang dinyatakan tidak mampu menyimak cerita fiksi. Pada siklus I pertemuan pertama setelah menggunakan media audio visual mengalami peningkatan menjadi 11 orang siswa atau sebesar 37% yang dinyatakan mampu sedangkan 19 orang siswa atau sebesar 63% yang dinyatakan tidak mampu. Pada siklus I pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 15 orang siswa atau sebesar 50% yang dinyatakan mampu mampu sedangkan 15 orang siswa atau sebesar 50% yang dinyatakan tidak mampu. Pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 21 orang siswa atau sebesar 70% yang dinyatakan mampu sedangkan 9 orang siswa atau sebesar 30% yang dinyatakan tidak mampu. Kemudian pada siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan lagi sebanyak 27 orang siswa atau sebesar 90% yang dinyatakan mampu sedangkan 3 orang siswa atau sebesar 10% yang dinyatakan tidak mampu.
Disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa menyimak cerita fiksi melalui media audio visual pada kelas IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Menyimak Cerita Fiksi, Audio Visual
Download berkas