SKRIPSI

Penulis / NIM
FIRMANSYAH A. ISHAK / 151418159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Firmansyah A, Ishak. 2022. Pengembangan Media Monopoly Smart Games Asean Dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas Vi Di Sdn 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si, dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Media pembelajaran untuk siswa ( IPS ataupun tematik ) di SDN 4 Batudaa masih kurang dalam proses pembelajaran. Fakta tersebut diperoleh dari studi awal terhadap proses pembelajaran IPS dan buku penunjang Kurikulum 2013 kelas VI. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran belum berjalan dengan sebagaimana mestinya karena kurangnya media pembelajaran dala proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengembangkan Media Monopoly Smart Games ASEAN Dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas VI Di SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah modifikasi metode pengembangan milik thiagarajan, yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dessimination (penyebarluasan). Tetapi penelitian ini dibatasi pada tahap develop, yakni validasi ahli (ahli media pembelajaran, ahli bahasa dan ahli materi ). Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa Media Monopoly Smart Games ASEAN Dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas VI Di SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo layak untuk digunakan dengan presentase kelayakan sangat layak. Presentase tersebut diperoleh dari hasil validasi ahli media pembelajaran yang memperoleh presentase 86,5 % atau kategori sangat layak, hasil Validasi ahli bahasa yang memperoleh prsentase 89 % atau kategori sangat layak. Dan validasi ahli materi yang memperoleh presentase 98,6 % atau kategori "sangat layak. Kesimpulan pengembangan Media Monopoly Smart Games ASEAN Dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas VI Di SDN 4 Batudaa kabupaten Gorontalo dikembangkan dengan melalui 3 tahap yaitu : tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kata Kunci : Monopoly Smart Games ASEAN, Wawasan Global
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011