Penulis / NIM
MEISY SAVITRI UMBOLA / 151418162
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Meisy Savitri Umbola. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Romawi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Bulango Selatan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match hasil belajar siswa kelas IV dengan materi bilangan romawi SDN 1 Bulango Selatan dapat meningkat? Tujuan penelitian untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi bilangan romawi melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dikelas IV SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I dari 20 siswa yang dikenai tindakan terdapat 12 siswa (60%) siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sehingga belum mencapai indikator yang ditetapkan yakni minimal 75%, siswa menunjukkan nilai 75 ke atas. Dengan demikian, indikator belum tercapai sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 17 siswa (85%) siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sehingga indikator telah tercapai dan tindakan penelitian dianggap tuntas. Simpulan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match hasil belajar bilangan romawi pada siswa siswa kelas IV SDN 1 Bulango Selatan Meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Make a Match. Bilangan Romawi
Download berkas