SKRIPSI

Penulis / NIM
MILKA EWI JULIASARI / 151418166
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Juliasari, Milka Ewi. 202 2. Meningkatakan Kemampuan Menyajikan Data Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif pada Siswa Kelas IV di SDN 1 TAPA Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ismail Pioke, S.Pd.,M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd.,M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model pembelajaran Kolaboratif kemampuan menyajikan data pada siswa Kelas IV di SDN 1 TAPA dapat meningkat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan belajar siswa kelas IV di SDN 1 TAPA dalam mengolah data melalui model pembelajaran Kolaboratif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 17 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Jika digunakan model pembelajaran Kolaboratif maka kemampuan menyajikan data pada siswa kelas IV di SDN 1 TAPA akan meningkat. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 14 siswa dikenakan tindakan terdapat 5 siswa atau 35,71% yang memperoleh nilai 75 ke atas, sehingga belum tercapai indikator yang telah ditetapkan yakni 75% siswa memperoleh 75 ke atas. Dengan demikian tindakan pembelajaran dilanjutkan ke siklus II, pada siklus II dengan jumlah kehadiran 12 siswa terdapat 10 siswa atau 83,33% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas, sehingga tindakan pembelajaran dianggap berhasil. Berdasarkan hasil penerapan model pembelajaran kolaboratif yang telah dilaksanakan terdapat peningkatan kemampuan menyajikan data pada siswa dalam proses pembelajaran, yaitu siswa lebih cepat tanggap dalam menentukan data dan menyajikannya menjadi diagram batang melalui diskusi aktif antara siswa dan guru (kolaborasi) serta tumbuhnya sikap perduli dan mendukung antar anggota kelompok dalam pembelajaran menyajikan data. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kolaboratif kemampuan menyajikan data pada siswa kelas IV di SDN 1 TAPA meningkat. Kata Kunci : Kemampuan Belajar, Model Pembelajaran Kolaboratif, Menyajikan Data dalam bentuk Diagram Batang
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011