Penulis / NIM
MAGFIRA DAMILU / 151418176
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Magfira Damilu.2022. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Puisi Bebas Melalui Model Numbered Head Together. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd Rumusan Masalah "Apakah Melalui Model Number Head Together Kemampuan Siswa Dalam Menulis Pusi Bebas Di Kelas IV SDN Luwoo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Dapat Ditingkatkan? Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Puisi Bebas Melalui Model Number Head Together Di Kelas IV SDN Luwoo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi untuk merencanakan tindakan berikutnya. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Number Head Together. Model Number Head Together merupakan variasi diskusi kelompok, dimana setiap siswa mendapatkan nomor yang berbeda dalam satu kelompoknya tetapi memiliki nomor yang sama dengan kelompok lain. Nomor-nomor tersebut akan dipanggil secara acak untuk menjawab hasil diskusi kelompoknya.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjakan bahwa pada observasi awal, pada aspek kemampuan menulis puisi bebas siswa yang mampu menulis puisi bebas sebanyak 3 siswa atau 20% dari 15 siswa. Pada siklus I pertemuan I mengalami peningkatan menjadi 5 siswa atau 33% dari 15 siswa, pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 9 siswa atau 60% dari 15 siswa, dan pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan menjadi 13 siswa atau 87% dari 15 siswa yang ada dikelas IV SDN Luwoo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Dari hasil yang didapatkan peneliti dapat disimpulkan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas dapat ditingkatkan melalui model Numbered Head Together.
Kata Kunci : Puisi Bebas, Model Numbered Head Together.
Download berkas