SKRIPSI

Penulis / NIM
FADILA TALANGO / 151418181
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Fadila Talango. NIM 151418181. Meningkatkan Keterampilan Menemukan Rumus Luas Jajar Genjang Melalui Teori Belajar Bruner Pada Siswa kelas III SDN 5 KABILA Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan teori belajar bruner keterampilan siswa kelas III SDN 5 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango dalam menemukan rumus luas jajar genjang dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menemukan Rumus luas Jajar Genjang pada siswa kelas III SDN 5 Kabila kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango melalui teori belajar Bruner. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta analisis data aktivitas dan hasil keterampilan siswa menggunakan persentase. Dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 5 KABILA Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menemukan rumus luas jajar genjang setiap siklus mengalami peningkatan. Peningkatan yang signifikan dapat dilihat dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, pada siklus I dari jumlah 23 yang dikenakan tindakan hanya 11 siswa yang terampil atau 47,8% yang memperoleh nilai 75, sehingga belum tercapai indikator yang telah ditetapkan yakni 80% siswa memperoleh nilai 75. Dengan demikian tindakan pembelajaran dilanjutkan ke siklus II, pada siklus II dari jumlah 23 siswa yang terampil sebanyak 20 siswa atau 86,9% yang memperoleh nilai 75. Penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% siswa memperoleh nilai 75. Sedangkan 3 siswa atau 13,0% yang belum terampil diserahkan kepada guru mitra. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui teori belajar bruner keterampilan menemukan rumus luas jajar genjang pada siswa kelas III SDN 5 Kabila meningkat. Kata Kunci : Keterampilan Menemukan Rumus Luas Jajar Genjang, Teori Belajar Bruner.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011