Penulis / NIM
FIDYA UMAR / 151418185
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Umar, Fidya. 2022. Penerapan Model Pembelajaran core (connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Muatan Pelajaran IPA Tema 8 di Kelas V SDN 7 Tilongkabila kabupaten Bonebolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si, dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah denga menerapkan model pembelajaran core (Connecting, Organizing, Reflecting, Organizing) hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA Tema 8 di kelas V akan meningkat ?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas V di SDN 7 Tilongkabila.
Hasil penelitian siklus I dari 28 siswa dengan 20 siswa atau 71% yang dapat mencapai KKM sedangkan 8 atau 29% siswa belum mencapai KKM. Selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami penigkatan dengan 25 siswa atau 89% dapat mencapai KKM, sedangkan 3 atau 11% siswa belum mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema 8 di Kelas V SDN 7 Tilongkabila.
Kata Kunci: Core (Connecting, Orgaganizing, Reflecting, Extending), Hasil Belajar Siswa, Muatan Pelajaran IPA
Download berkas