Penulis / NIM
TRI IMA SUMARLIN / 151418190
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Tri Ima sumarlin 2021.Peningkatan hasil belajar siswa melalui media audio visual iPad a pembelajaran IPS Di kelas V di SDN no. 24 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Dra. Elmia Umar, M. Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui media audio visual hasil belajar siswa pada pembelajaran ips kelas V SDN 24 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan? Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS DI KELAS V SDN No.24 Wonosari Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tidak an kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus SDN 24 Wonosari Kabupaten Boalemo dengan 4 tahapan yaitu Persiapan, Pelaksanaan tidak an, Pemantauan dan Evaluasi serita Analisis dan refleksi.
Hasil Penelitian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Di Kelas V melalui media audio visual SDN NO. 24 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo pada observasi awal siswa yang mampu hanya 4 orang atau 33,33% pada Tindakan SIKLUS I. Jumlah siswa yang mampu meningkat menjadi 7 orang atau 58,33% dan pada Tindakan siklus II lebih meningkat menjadi 11orang atau 92%.
Berdasarkan Hasil Penelitian Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS DI SDN No.24 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo dikarenakan Media ini memilih I daya Tarik seperti objects atau gambar yang bisa dilihat langsung, sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Kata kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual.
Download berkas