Penulis / NIM
SELVI WIDYA ARNI KATILI / 151418191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Selvi Widya Arni Katili. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Gagasan Pokok dari Teks Bacaan melalui Model Investigasi pada Siswa Kelas IV di SDN 22 Limboto Kabupaten Gorontalo���� Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Wiwy T. Pulukadang, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan model investigasi kemampuan siswa menentukan gagasan pokok dari teks bacaan di kelas IV SDN 22 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan ? Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) serta refleksi.
Hasil belajar yang diperoleh dari siswa yang dikenai tindakan pada siklus I dan siklus II berjumlah 21 orang siswa terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Kemampuan siswa menentukan gagasan pokok meningkat. Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa jumlah hasil kemampuan siswa membaca pemahaman yaitu sebesar 48% atau 10 orang siswa dari 21 siswa secara keseluruhan. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran kembali pada siklus II, hasil kemampuan siswa menulis gagasan pokok meningkat menjadi 86%. Dengan pengertian bahwa siklus I ke siklus II mencapai peningkatan sebesar 38%.
Kata Kunci : Kemampuan, Gagasan Pokok , Model Investigasi
Download berkas