Penulis / NIM
NURAINI RIVAI / 151418192
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Nuraini Rivai. 2021. Skripsi . Meningkatkan Hasil belajar siswa melalui media visual (Gambar ) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas IV SDN SDN 22 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah dengan menggunakan metode simulasi dengan media visual ( Gambar ) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Hasil Belajar (IPS) Di Kelas IV SDN SDN 22 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo Meningkat ? Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) serta refleksi.
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui media visual pada siswa kelas IV SDN SDN 22 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat ditarik kesimpulan meningkat. Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa hasil belajar siswa dari 21 siswa terdapat 12 siswa atau 57% secara keseluruhan. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran kembali pada siklus II, maka jumlah hasil belajar siswa dari 21 siswa terdapat 18 orang atau 86%.Terdapat peningkatan 29 % hasil belajar siswa pada materi IPS di kelas IV SDN 22 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Visual, IPS
Download berkas