Penulis / NIM
RAHMI TAHA / 153407017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Rahmi Taha. 2013. Skripsi Hubungan Antara Pola Asuh Demokrasi dengan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok B di TK Damhil Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar hubungan antara pola asuh demokrasi dengan rasa percaya diri anak kelompok B di TK Damhil Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo? Dan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang ditimbulkan antara pola asuh demokrasi dengan rasa percaya diri anak kelompok B di TK Damhil Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif bentuk korelasional. Kemudian, untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan instrument penelitian yakni observasi, wawancara, dan angket. Data-data yang diperoleh melalui hasil penyebaran angket, selanjutnya diolah dan dianalisis secara statistic dengan menggunakan uji regresi dan uji korelasi Pearson Product Moment. Analisis regresi bertujuan untuk melihat hubungan antara variable bebas (X) dan variable terikat (Y) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan matematik, dengan persamaan Y=a+bX. Sementara untuk analisis korelasi bertujuan untuk mengukur derajat hubungan antara variable X dan Y.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ terdapat hubungan positif antara pola asuh demokrasi dengan rasa percaya diri anak kelompok B di TK Damhil Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo”, dinyatakan diterima. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar r=0,76. Dengan demikian koefisien detrminasinya r2 = 0.58. ini berarti 58% rasa percaya diri anak ditentukan oleh pola asuh demokrasi dan sebesar 42% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak terdesain dalam penelitian ini. Kemudian diperoleh perhitungan melalui uji signifikasi dengan rumus thitung dan diperoleh t=6,166. Pengujian ini dilakukan pada taraf nyata ?=0,05 dengan harga ttabel sebesar 2,042. Dengan demikian harga thitung lebih besar dari harga ttabel. Ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, hipotesis penelitian yang berbunyi terdapat hubungan positif antara pola asuh demokrasi dengan rasa percaya diri anak kelompok B di TK Damhil Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo, dinyatakan diterima.
Kata kunci: Pola Asuh demokratis, Rasa Percaya Diri Anak.
Download berkas