SKRIPSI

Penulis / NIM
NILAWATY MOHAMAD / 153407103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Nilawaty Mohamad. 2012. Skripsi “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Bermain Kantong Pintar pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I DR. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah melalui metode bermain kantong pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain kantong pintar pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II pertemuan I pun belum berhasil, dan dilanjutkan kesiklus II pertemuan II hasil yang dicapai adanya peningkatan yang cukup siginifikan diantaranya. Mengenal simbol, 18 orang atau 90% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 2 orang atau 20% termasuk kategori kurang mampu, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu. Membuat coretan yang bermakna, 16 orang atau 80% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 4 orang atau 20% termasuk kategori kurang mampu, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu. Meniru huruf, 19 orang anak atau 95% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 1 orang anak atau 5% termasuk kategori kurang mampu, dan sudah tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu, hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bermain kantong pintar. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Huruf, Metode Bermain Kantong Pintar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011