Penulis / NIM
NILAWATY MOHAMAD / 153407103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Nilawaty Mohamad. 2012. Skripsi “Meningkatkan Kemampuan Mengenal
Huruf Melalui Metode Bermain Kantong Pintar pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I DR. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah melalui metode bermain kantong pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui
metode bermain kantong pintar pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang
dilaksanakan di kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota
Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II pertemuan I pun belum berhasil, dan dilanjutkan kesiklus II pertemuan II hasil yang dicapai adanya peningkatan yang cukup siginifikan diantaranya. Mengenal simbol, 18 orang atau 90% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 2 orang atau 20% termasuk kategori kurang mampu, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu. Membuat coretan yang bermakna,
16 orang atau 80% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 4 orang atau 20% termasuk kategori kurang mampu, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu. Meniru huruf, 19 orang anak atau 95% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 1 orang anak atau 5% termasuk kategori kurang mampu, dan sudah tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu, hasil capaian ini melebihi
target yang telah ditetapkan.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bermain kantong pintar. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Huruf, Metode Bermain Kantong Pintar.
Download berkas