Penulis / NIM
WILIANA T. UTIARAHMAN / 153407168
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Wiliana Utiarahman. Peran Guru dalam Penggunaan Media Kartu Gambar di Kelompok B TK Pembina Desa Bunuyo Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru sebagai perancang, pendidik, motivator dalam penggunaan media kartu gambar di Kelompok B TK Pembina Desa Bunuyo Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal bahwa dalam mengembangkan media pembelajaran pada anak usia dini di TK Pembina cukup optimal, hal ini dikarenakan guru masih terkendala pada biaya dan kreativitas dalam pengadaan kartu gambar. Namun setelah dilakukan pembelajaran kembali menggunakan kartu gambar yang dilakukan guru dengan mengelompokkan anak, tujuannya setiap anak memperoleh pembelajaran yang sama, sehingga anak mendapatkan pembelajaran yang merata dan membuat pembelajaran pada anak di TK Pembina menjadi optimal.
Untuk itu disarankan kepada pendidik dapat menerapkan kartu media gambar pada pembelajaran dalam upaya meningkatkan antusias belajar anak dan juga pengadaan fasilitas gambar yang berkaitan dengan perkembangan anak ada di taman kanak-kanak.
Kata Kunci: Media Kartu Gambar
Download berkas