Penulis / NIM
YAKOB YASIN / 153407170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
YAKOB YASIN. NIM. 153 407 170 Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika matematika pada anak Kelompok B TK Kartika Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi 2012. Program Studi S-1 PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Martianty Nalole, M.Pd, Pembimbing II, Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd.
Permasalahan dalam Penelitian adalah Bagaimana Peran Guru dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika pada adanak kelompok B TK Kartika Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kecerdsan logika matematika pada anak. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak TK, Guru TK Kartika.
Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik Pengumpulan data diperoleh dari data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kecerdasan logika metematika adalah 1). Dalam pembelajaran mengenalkan konsep angka menggunakan perangkat nyata, 2). Melakukan pembelajaran yang bervariasi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan benda-benda nyata dapat dijadikan perangkat pembelajaran dalam konsep pengenalan angka dan pembelajaran yang bervariasi yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B TK Kartika Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Kecerdasan Logika matematika
Download berkas