Penulis / NIM
ANITA MASSA / 153408005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Anita Massa. 2012 Nim 153 408 005. Peran Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Sains di TK seKecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah Peran Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Sains di TK seKecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo? Penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan Peran Kompetensi Profesional Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Sains di TK seKecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer 3 orang guru, dan seluruh orang anak didik dan sumber data sekunder berupa dokumen, tulisan serta arsip-arsip yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan pengumpulan keputusan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kompetensi profesional guru dalam mengembangkan pembelajaran sains di TK seKecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo adalah guru sebagai (1) pengamat, (2) perencanaan pembelajaran (3) fasilitator kegiatan belajar anak, (4) model (memberikan contoh melalui tindakan dan perkataan) bagi anak didik dalam berperilaku, serta konselor bagi masalah pembelajaran sains yang dihadapi anak.
Kata kunci : Peran Kompetensi Profesional Guru, Pembelajaran Sains.
Download berkas