SKRIPSI

Penulis / NIM
ASNA NASRUN LASENA / 153408014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Asna N. Lasena. NIM. 153408014. 2012. Mengembangkan pengenalan konsep terapung dan tenggelam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Kecamatan Bongomeme. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Samsiah, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pengenalan konsep terapung dan tenggelam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Kecamatan Bongomeme. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap tahapan siklus diawali dengan persiapan dan diakhiri dengan kegiatan refleksi Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa digunakan metode eksperimen maka kemampuan anak mengenal konsep terapung dan tenggelam akan berkembang. Hasil analisis pada observasi awal menunjukan bahwa hanya 4 anak (20%) yang memiliki mampu mengenal konsep terapung dan tenggelam. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 11 anak atau 55%. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 16 anak (80%) dari 20 anak di TK Al-Ikhlas kelompok B Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo Terkait temuan penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut; 1) Proses pembimbingan anak dalam menggunakan penggunaan metode eksperimen harus dioptimalkan melalui pendampingan secara individual untuk memberikan hasil yang optimal dari kegiatan mengenal benda-benda terapung dan tenggelam yang dilakukan di kelas, 2) metode eksperimen hendaknya dijadikan guru sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan mengenal benda-benda terapung dan tenggelam, 3) agar metode eksperimen lebih menarik maka perlu disiapkan fasilitas pendukung sehingga mampu menunjang peningkatan pengenalan anak atas konsep yang diajarkan Kata Kunci: konsep terapung dan tenggelam, metode eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011