Penulis / NIM
ASTIN MOPANGGA / 153408017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Abstrak
Astin Mopangga. Nim. 153 408 017 “Mengembangkan Budi Pekerti Melalui Tekhnik Modeling Di Paud Al-Ma’arif Desa Molalahu Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo” Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah dengan penggunaan tekhnik modeling dapat mengembangkan budi pekerti anak di PAUD Al-Ma’arif Desa Molalahu Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo ?
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan maksud untuk memberi gambaran terhadap kedaan pengembangan budi pekerti anak di PAUD Al-Ma’arif Desa Molalahu Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian dalam pembahasan awal menunjukkan bahwa pada kegiatan observasi awal kemampuan anak masih sangat rendah. Hal ini nampak pada data yang di perolah dari 20 orang anak hanya 5 orang anak atau 25% memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan, dan sisanya belum. Namun setelah di laksanakan tindakan siklus I maka di peroleh data untuk presentase rata-rata 16 anak atau 67% memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan, 4 anak atau 33% memperoleh kriteria mulai berkembang, dan 0 % memperoleh kriteria belum berkembang. Di lanjutkan ke siklus II di peroleh data untuk presentase rata-rata anak 10 anak atau 51 % memperoleh kriteria berkembang sangat baik, 10 anak atau 49 % memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan, dan 0 anak atau 0% memperoleh kriteria belum berkembang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa tekhnik modeling dapat mengembangkan budi pekerti anak di PAUD Al-Ma’arif Desa Molalahu Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Oleh karena itu tekhnik modeling handaknya dijadikan sebagai salah satu metode untuk mengembangkan budi pekerti pada anak usia dini.
Kata-Kata Kunci : Membentuk, Budi Pekerti, Tekhnik Modeling, Anak Usia Dini.
Download berkas