Penulis / NIM
DEYCE SANTI KOBI / 153408026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Deyce Syanti Kobi, 2012. Meningkatkan Kecerdasan Seni Melukis melalui Metode pemberian tugas dengan Menggunakan Pendekatan Reinfocement pada Anak Kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd, dan Pembimbing II, Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini Apakah kecerdasan seni melukis dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas dengan menggunakan pendekatan reinforcement pada Anak Kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan seni melukis pada anak melalui metode pemberian tugas dengan menggunakan pendekatan reinforcement pada Anak Kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada anak kelompok B TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 25 orang, yang terdiri dari laki-laki 13 orang dan perempuan 12 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk tiga siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya.
Dari hasil kegiatan melalui pengamatan yang dilaksanakan dalam tiga siklus tersebut terlihat bahwa kecerdasan seni melukis pada anak kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo mengalami peningkatan sesuai dengan indikator kinerja yaitu 92 % atau 23 orang. Peningkatan ini dilalui secara bertahap yaitu; pada observasi awal kecerdasan seni melukis anak hanya 36 % atau 9 orang, pada siklus I kecerdasan seni melukis anak mengalami peningkatan menjadi 56 % atau 14 orang, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 68 % atau 17 orang, dan pada akhir penelitian siklus III telah mencapai 92% atau 23 orang. Dengan demikian, optimalisasi penggunaan metode pemberian tugas dengan pendekatan reinfocement telah menjadi pilihan utama bagi guru pada anak kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dalam pembelajaran umumnya terutama dalam meningkatkan kecerdasan seni melukis anak.
Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru TK pada umumnya untuk dapat melaksanakan metode pemberian tugas dengan pendekatan reinfocement dalam meningkatkan kecerdasan seni melukis anak. Di samping itu, diharapkan kepada para guru yang melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk tetap merencanakan program kegiatannya dengan baik, sehingga tujuan yang diharapkan dari penelitian dapat tercapai secara optimal.
Kata Kunci: Kecerdasan Seni Melukis, Metode Pemberian Tugas, dan Pendekatan Reinfocement.
Download berkas