Penulis / NIM
DJARLIN SALEH / 153408030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Djarlin Saleh, 2012Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Anak Kelompok B RA As-Syarief Desa Bunggalo Kec. Talaga Jaya Kab.Gorontalo. Pembimbing I Dra.Tuti Wantu,M.Pd.Kons dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Kualitas ketrampilan seseorang dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas kosakata.Semakin kaya kosakata yang dimiliki oleh anak, semakin terampil pula dalam menggunakan bahasa.Perkembangan kosakata merupakan perkembangan konseptual.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah anak didik kelompok RA As-Syarief semester genap tahun pelajaran 2011/2012.Adapun jumlah anak didik sebanyak 20 orang.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru mitra.Data dikumpulkan melalui observasi.Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil analisis data anak yang menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata.Pada pelaksanaan observasi awal hanya 3 orang atau sebesar 15%. Pada pelaksanaan siklus I peningkatan penguasaan kosakata sebanyak 7 orang atau sebsesar 35%. Pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 orang atau sebesar 85%.
Kesimpulan peningkatan penguasaan kosakata ini dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru yaitu metode bercerita juga media yang digunakan sebagai alat bantu untuk lebih meningkatkan penguasaan kosakata berupa media gambar.metode bercerita dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa pada anak di RA As-Syarief Desa Bunggalo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Hal ini ditandai oleh bertambahnya jumlah anak yang menguasai kosakata dari yang sebelumnya 3 orang atau15 % menjadi 17 orang atau 85 %.
Kata Kunci :Kosakata, Metode Bercerita, Media Gambar
Download berkas