Penulis / NIM
ELSINTA PAKAYA / 153408035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Elshinta Pakaya. 2012. Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di TK AL – ISLAH Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Tuti Wantu M.Pd, Kons, dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk melihat sejauh mana pelaksanaan pendidikan karakter di Lingkungan TK Al – Islah Kota Tengah Kota Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pelaksanaan pendidikan karakter Di Tk Al – Islah Kota Tengah Kota Gorontalo?.
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, penulis menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif serta tekhnik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di Tk Al – Islah sudah optimal. Hal ini dapat kita lihat dari perubahan yang ditunjukkan dari berbagai aspek dan tingkah laku anak. Dan karakter baik yang dimiliki oleh anak, tidak terlepas dari peran penting orang tua, guru dan lingkungannya.
Karakter yang baik akan terbentuk dalam diri anak secara berkelanjutan apabila orang tua selalu memberikan contoh yang baik terhadap anaknya. Selain itu orang tua perlu menjalin kerjasama dengan pendidik dalam hal membentuk kepribadian atau karakter yang baik pada anak.
Download berkas