Penulis / NIM
EMI BAKARI DJUNUBI / 153408037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
EMI B. DJUNUBI. Pengembangan Budi Pekerti Anak Melalui Metode Pembiasaan di TK Kihajar Dewantoro 8 Kecamatan Hulonthalagi Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd dan Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd Sebagai Pembimbing.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Budi Pekerti Anak di TK Kihajar Dewantoro 8 Kecamatan Hulonthalagi Kota Gorontalo dapat dikembangkan melalui Metode Pembiasaan? Sedangkan tujuan dari penelitian untuk Pengembangan Budi Pekerti Anak di TK Kihajar Dewantoro 8 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo melalui Metode Pembiasaan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Namun sebelum melakukan proses pemberian siklus, sebelumnya peneliti melakukan observasi awal yang bertujuan untuk melihat kemampuan budi pekerti anak.
Yang menjadi subjek penelitian adalah anak TK yang berjumlah 20 orang dengan observasi awal untuk kriteria mampu 30% (6 anak), kurang mampu 40% (8 anak), dan tidak mampu 30%(6 anak). Adapun yang digunakan dalam pengembangan budi pekerti anak dengan indikator kinerja 80% dari jumlah anak yang memiliki budi pekerti.
Dari hasil analisis data diperoleh siklus I untuk kriteria mampu 58.75% (12 orang), kurang mampu 32.5% (6 orang), tidak mampu 8.75% (2 orang), siklus II mampu 81.25% (16 anak), kurang mampu 15% (3 anak), tidak mampu 3.75% (1 anak). Dengan demikian maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa dengan Pengembangan Budi Pekerti Anak Melalui Metode Pembiasaan di TK Kihajar Dewantoro 8 Kecamatan Hulonthalagi Kota Gorontalo dapat diterima.
Kata kunci: Budi Pekerti, Pembiasaan.
Download berkas