Penulis / NIM
ENDI LANGI / 153408039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Endi Langi, Skripsi “Meningkatkan kemampuan kerja sama melalui permainan hadang pada anak kelompok B di TK Kartini Modelomo Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Program Studi SI – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Ruslin W Badu, M.Pd dan pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan kerja Anak kelompok B di TK Kartini Modelomo Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui permainan hadang, Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan kerja sama melalui permainan hadang pada anak kelompok B di TK Kartini Modelomo Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian tindakan kelas ini dianalisis secara deskritif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan, evaluasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal hanya terdapat 30% atau 6 anak dari 20 anak yang memperoleh kriteria mampu, pada siklus I terdapat 50% atau 10 orang dari 20 anak yang memperoleh kriteria mampu dan pada siklus II meningkat menjadi 85% atau 17 orang yang memperoleh kriteria mampu dan 15% atau 3 orang dari 20 anak memperoleh kriteria tidak mampu.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui permainan hadang dapat meningkatkan kemampuan kerja sama pada anak kelompok B di TK Kartini Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci : Permainan Hadang, Kemampuan kerja Sama
Download berkas