Penulis / NIM
ERNI U. HUSAIN / 153408044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Erni U. Husain 2012. Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Kelompok B di R.A Darul Bolihuangga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok B dapat ditingkatkan Melalui Permainan Puzzle di R.A Darul Arqam Bolihuangga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok B Melalui Permainan Puzzle di R.A Darul Arqam Bolihuangga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo .
Metode yang adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis data untuk mengamati pengenalan huruf hijaiyah anak dapat ditingkatkan melalui permainan puzzle, melalui empat tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi, teknik pengumpul data, yang terdiri dari siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil siklus I pertemuan I yakni aspek mengurutkan huruf-huruf hijaiyah dengan benar yakni baik sebanyak 11 orang atau 55%, cukup sebanyak 5 orang atau 25%, dan kurang sebanyak 4 orang atau 20%. Aspek menyebutkannya dengan benar yakni baik sebanyak 11 orang atau 55%, cukup sebanyak 6 orang atau 30%, dan kurang sebanyak 3 orang atau 15%. Menyelesaikan tugas yang diberikan yakni baik sebanyak 11 orang atau 55%, cukup sebanyak 5 orang atau 25%, dan kurang sebanyak 4 orang atau 20%. Hasil Siklus I belum mencapai indikator maka dilanjutkan ke Siklus II. Pada siklus II, aspek mengurutkan huruf-huruf hijaiyah dengan benar yakni baik sebanyak 15 orang atau 75%, cukup sebanyak 4 orang atau 20%, dan kurang 1%. Aspek menyebutkannya dengan benar yakni baik sebanyak 15 orang atau 75%, cukup sebanyak 4 orang atau 20%, dan kurang 1%. Menyelesaikan tugas yang diberikan yakni baik sebanyak 15 orang atau 75%, cukup sebanyak 5 orang atau 25%, dan kategori kurang 0%. Hasil Siklus II mencapai indikator yang ditetapkan. Dengan tercapainya indikator kinerja maka hipotesis tindakan yang diajukan, diterima.
Permainan Puzzle dapat meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Anak Kelompok B R.A Darul Arqam Bolihuangga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo
Kata Kunci: Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Permainan Puzzle.
Download berkas