Penulis / NIM
ERVINA IBRAHIM AKUBA / 153408046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Ervina Ibrahim Akuba. 2012 Nim 153408046 Kemampuan Menulis Huruf Abjad pada anak kelompok B di PAUD Al-Ikhlas Desa Ilotidea Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah kemampuan menulis huruf abjad pada anak kelompok B di PAUD Al-Ikhlas Desa Ilotidea kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan analisis kemampuan menulis huruf abjad pada anak kelompok B di PAUD Al-Ikhlas Desa Ilotidea kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer 2 orang guru, dan seluruh orang anak didik kelompok B dan sumber data sekunder berupa dokumen, tulisan serta arsip-arsip yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan pengumpulan keputusan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis huruf abjad pada anak kelompok B di PAUD Al-Ikhlas Desa Ilotidea kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, adalah guru sebagai (1) pengamat, (2) perencanaan pembelajaran (3) fasilitator kegiatan belajar anak, (4) model (memberikan contoh melalui tindakan dan perkataan) bagi anak didik dalam berperilaku, serta konselor bagi masalah kemampuan menulis huruf abjad yang dihadapi anak.
Kata kunci : Kemampuan, Menulis Huruf Abjad.
Download berkas