SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAH KADIR / 153408052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
FATMAH KADIR. 2012. Implementasi Metode Cerita Islami dalam Pembelajaran Nilai-Nilai Moral Di TK Kihajar Dewantara XVI Kelas A Kelurahan Tamalate Kota Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Syamsiar Rivai, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini tentang bagaimana implementasi metode cerita islami dalam pembelajaran di TK Kihajar Dewantara XVI. Penelitian ini bermaksud untuk mengimplementasi metode cerita islami dalam pembelajaran di TK Kihajar Dewantara XVI. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di TK Kihajar Dewantaro XVI Kota Gorontalo selama tiga bulan yakni dari bulan Maret sampai Mei 2012. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pendidik dan anak didik kelompok A di TK Ki Hajar Dewantoro XVI, serta dokumen-dokumen tertulis yang menggambarkan perkembangan pembelajaran penanaman nilai-nilai moral anak didik di kelompok tersebut. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti pada keempat orang guru di TK Kihajar Dewantoro XVI Kelas A Kelurahan Tamalate Kota Timur, diperoleh bahwa semua guru telah menerapkan metode cerita islami dalam pembelajaran. Tujuan bercerita bagi anak usia taman kanak-kanak adalah agar anak mampu mendengarkan dengan seksama terhadap apa yang disampaikan orang lain, anak dapat bertanya apabila tidak memahaminya, anak dapat menjawab pertanyaan, selanjutnya anak dapat menceritakan dan megekspresikan terhadap apa didengarkan dan diceritakannya, sehingga hikmah dari isi cerita dapat dipahami dan lambat laun didengarkan, diperhatikan, dilaksanakan, dan diceritakannya pada orang lain. Cerita Islami diberikan dengan tujuan agar anak berperilaku agama seperti akhlak Rasulullah SAW sebagaimana yang dikisahkan dalam Al- Qur’anul Karim. Pendidik tidak hanya dituntut untuk pandai dalam menyampaikan cerita saja, tetapi pendidik harus bisa menjadi tauladan yang baik dan berperilaku mulia dengan tutur kata dan bahasa yang lemah lembut, agar bisa merasuk ke dalam jiwa anak. Dapat disimpulkan bahwa implementasi metode cerita islami dalam pembelajaran nilai-nilai moral di TK Kihajar Dewantoro XVI Kelas A Kelurahan Tamalate Kota Timur yaitu dengan cerita islami guru dapat membangkitkan minat anak, dapat menumbuhkan sikap perilaku positif pada anak, dapat menanamkan nilai-nilai moral anak, menumbuhkan imajinasi anak, melatih pendengaran anak, mengendalikan emosi anak dan dapat memperkaya kosakata pada anak usia dini. Kata Kunci : metode, cerita, islami, nilai moral
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011