SKRIPSI

Penulis / NIM
FEREN TAMBIPI / 153408063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
Feren Tambipi, Nim 153 408 063, meningkatkan kemampuan berhitung permulaan tahap konsep melalui metode bermain menghitung bola di Kelompok B PAUD Al-Qomar Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Skripsi S1 PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Kemampuan berhitung permulaan merupakan salah satu perkembangan kegiatan anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung tahap konsep melalui metode bermain menghitung bola di Kelompok B PAUD Al-Qomar Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Identifikasi masalah pada penelitian ini adalah minat anak untuk belajar berhitung masih rendah dan kurangnya pemahaman guru tentang metode pembelajaran berhitung permulaan tahap konsep. Rumusan masalah yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan berhitung permulaan tahap konsep pada anak. Manfaat dari penelitian ini meningkatkan kemampuan anak dengan berbagai kegiatan bermain yang menyenagkan tetapi tetap bermakna untuk pengembangan kemampuan berhitung anak agar berguna dalam kehidupan mereka dimasa depan. Jenis penelitian ini adalah tindakan penelitian kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada di Kelompok B PAUD Al-Qomar Kecamatan Wonosari Kabupaten boalemo yang berjumlah 18 orang anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerja sama dengan penyelenggara dan guru di PAUD Al-Qomar. Data diolah dengan cara membandingkan antara kemampuan berhitung anak dengan indikator pencapaian pada setiap siklus. Kesimpulan dari dari hasil penelitian ini adalah kemampuan berhitung tahap komsep anak di Kelompok B PAUD Al-Qomar pada siklus I mencapai 44.4% dari jumlah 18 orang anak. Hal ini dapat ditingkatkan melalui tindakan pada siklus II dengan menggunakan metode bermain menghitung bola, maka kemampuan berhitung anak khususnya pada tahap konsep meningkat menjadi 89% sehingga dinyatakan berhasil. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung Permulaan Tahap Konsep Metode bermain
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011