Penulis / NIM
FITRI KARMILA NIKSON KADIR / 153408064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
FITRI KARMILA KADIR, 2012Peningkatan Kemampuan Sains Sederhana Melalui Metode Discovery Di Pos PAUD Teratai V Desa Buhu Kecamatan Talaga Jaya, Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, M.Pd Dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd. M.Pd.
Sains adalah produk dan proses. Sebagai produk, sains merupakan sebuah batang tubuh pengetahuan yang terorganisir dengan baik mengenai dunia fisik dan alami. Sebagai proses, sains merupakan kegiatan menelusuri, mengamati dan melakukan percobaan. Sangat penting bagi anak kecil untuk ikut berpartisipasi dalam proses ilmiah, karena keterampilan yang akan mereka dapatkan bisa dibawa ke daerah-daerah perkembangan lainnya dan akan bermanfaat selama hidupnya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak didik PAUD Teratai V semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Adapun jumlah anak didik sebanyak 20 orang. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru mitra. Data dikumpulkan melalui observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil analisis data anak yang menunjukkan kemampuan sains pada pelaksanaan observasi awal 4 orang. Pada pelaksanaan siklus I peningkatan kemampuan sains sebanyak 8 orang Pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 orang. Untuk peningkatan kemampuan sains sederhana melalui metode discoverydi dukung oleh beberapa indikator yaitu kemampuan mengukur dan kemampuan membedakan ukuran Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode discoverydapat meningkatkan kemampuan sains sederhana
Kata Kunci : Sains , Metode Discovery
Download berkas