Penulis / NIM
HADIJAH ISHAK RAHMOLA / 153408065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Hadijah Ishak Rahmola, Skripsi “Meningkatkan ekspresi anak melalui kegiatan mengucap syair Di PAUD AL-Hikmah Molanihu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo Program Studi S1 PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Drs. H. Haris Mahmud, M.Si dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan kegiatan mengucap syair, ekspresi anak di PAUD AL-Hikmah Molanihu kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan ekspresi anak melalui kegiatan mengucap syair di PAUD AL-Hikmah Molanihu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK dengan maksud untuk mengetahui peningkatan ekspresi anak melalui kegiatan mengucap syair di PAUD AL-Hikmah Molanihu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo, dan dianalisis secara deskritif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan, evaluasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal hanya terdapat 6 anak atau 30% dari 20 anak yang memperoleh kriteria mampu, pada siklus I terdapat 10 anak atau 50% dari 20 anak yang memperoleh kriteria mampu dan pada siklus II meningkat menjadi 17 anak atau 85% yang memperoleh kriteria tepat dan sisanya 3 anak atau 15% dari 20 anak memperoleh kriteria tidak mampu.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mengucap syair dapat meningkatkan ekspresi anak di PAUD AL-Hikmah Molanihu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Ekspresi Anak Mengucap syair.
Download berkas