Penulis / NIM
HARTATI ABUSARI / 153408070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Hartati Abusari, 2012 “Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengelompokkan Warna Melalui Permainan Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok B PAUD Sakura 1 Desa Sukamaju Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo”. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
'
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak kelompok B PAUD Sakura 1 Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo dalam mengelompokkan warna.Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok B PAUD Sakura I Desa Sukamaju Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. dalam mengelompokan warna melalui permainan kartu bergambar.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di PAUD Sakura 1 Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo dengan jumlah anak 20 orang yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Prosedur Penelitian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan yang terdiri dari siklus I dan siklus II, tahap pemantauan dan evaluasi serta tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan data observasi awal bahwa dari 20 orang anak terdapat 9 orang anak (45%) yang mampu mengelompokkan warna dengan benar. Setelah dilaksanakan siklus 1 ternyata mengalami peningkatan menjadi 13 orang anak (65%) yang mampu mengelompokkan warna dengan benar, kemudian pada siklus II lebih meningkat menjadi 17 anak (85%) sudah mampu mengelompokkan warna dengan benar. Berdasarkan hasil yang dicapai, maka hipotesis tindakan yang berbunyi, “ jika guru menggunakan permainan kartu bergambar, maka kemampuan anak kelompok B PAUD Sakura 1 dalam mengelompokkan warna dapat meningkat”. diterima.
viii
Kata kunci : mengelompokkan warna, permainan kartu bergambar.
Download berkas