SKRIPSI

Penulis / NIM
HARTATI MONOARFA / 153408071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Hartati Monoarfa. NIM :153 408 071. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Kegiatan Menghubungkan Simbol Dengan Huruf Sederhana (Penelitian Pada Anak Kelompok B PAUD Lestari Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara). Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Ibu Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berbahasa lisan melalui kegiatan menghubungkan simbol dengan huruf sederhana pada anak kelompok B Paud Lestari Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan melalui kegiatan menghubungkan simbol dengan huruf sederhana pada anak kelompok B Paud Lestari Desa Moluo Kecataman Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh hasil belajar anak guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan menghubungkan simbol dengan huruf sederhana dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak kelompok B PAUD Lestari Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar anak yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu (1) Kemampuan mengungkapkan huruf berdasarkan simbol yang memperoleh kriteria “mampu” dari 60% menjadi 85%, dan (2) Kemampuan membaca huruf berdasarkan simbol yang memperoleh kriteria “mampu” dari 45% menjadi 85%. Sehingga hipotesis yang berbunyi “Jika pembelajaran dilakukan melalui kegiatan menghubungkan simbol dan huruf sederhana maka kemampuan berbahasa lisan pada anak di PAUD LESTARI akan meningkat”, dinyatakan benar dan dapat diterima. Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa Lisan, Menghubungkan Simbol Dengan Huruf Sederhana
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011