SKRIPSI

Penulis / NIM
HASNAWIA RASJIDI / 153408075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Hasnawia Rasjidi Nim. 153408075. “Meningkatkan kecerdasan spiritual anak melalui kegiatan bimbingan sholat pada kelompok bermain di Paud Al- Muhadjirin Desa Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo” Tugas akhir pada program studi S-1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam melakukan gerakan sholat, mengurutkan tata cara pelaksanaan sholat sendiri dengan tertib dan kepedulian sosial di Paud Al- Muhadjirin Desa Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo Melalui Bimbingan Sholat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Paud Al- Muhadjirin Desa Barakati Melalui Bimbingan Sholat, Dengan analisis untuk mengamati kecerdasan spiritual anak. Penelitian ini di laksanakan dalam empat tahap yaitu: Tahap persiapan/ awal, Tahap pelaksanaan tindakan, Tahap pemantauan dan evaluasi, Tahap analisis dan refleksi yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan pada kegiatan observasi awal bahwa kecerdasan spiritual anak dalam melakukan gerakan sholat, mengurutkan tata cara pelaksanaan sholat sendiri dengan tertib dan kepedulian sosial. Di peroleh data dari 20 orang anak terdapat 7 atau 35% yang mampu memiliki kecerdasan spiritual dengan baik, Namun hal itu belum maksimal. Maka penelitian dilanjutkan ke siklus I. Pada penelitian ini di temukan data dari 20 orang anak terdapat 14 atau 70% yang mampu memiliki kecerdasan spiritual yang baik, Namun juga belum memenuhi kriteria yang di harapkan. Sehingga perlu diadakan perbaikan pada proses pelaksanaan tindakan pada siklus II. Pada penelitian tindakan siklus II ini kecerdasan spiritual anak mengalami peningkatan dari 20 orang anak terdapat 17 atau 85% yang mampu memiliki kecerdasan spiritual dengan baik. Hal ini menunjukan bahwa hanya terdapat 3 atau15% yang tidak mampu memiliki kecerdasan spiritual khususnya anak dalam melakukan gerakan sholat, mengurutkan tata cara pelaksanaan sholat sendiri dengan tertib dan kepedulian sosial. Dengan demikian disimpulkan bahwa jika menggunakan kegiatan bimbingan sholat, Maka kecerdasan spiritual akan meningkat. Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Kegiatan Bimbingan Sholat
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011