Penulis / NIM
HERLINA TAIB / 153408077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Herlina Taib. NIM. 153 408 077. “Mengembangkan Sikap Tolong Menolong Anak Melalui Metode Bermain Peran di PAUD Lamahu Kecamatang Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Pembimbing I: Dra. Hj. Rena Madina, M.Pd, dan Pembimbing II: Irfin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Sikap tolong menolong yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bagaimana anak memiliki kepedulian, tenggang rasa, membantu teman, meminjamkan sesuatu kepada teman.
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, khususnya pada PAUD Lamahu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, dari jumlah 20 orang anak,8 orang (40%) anak yang memiliki sikap tolong menolong sedangkan 12 orang (60%) yang kurang memiliki sikap tolong menolong.
Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah metode bermain peran dapat mengembangkan sikap tolong menolong anak di PAUD Lamahu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Yang menjadi subjek penelitian adalah anak kelompok A (3- 4) Tahun yang berjumlah 20 orang.
Adapun hasil penelitian yang dieroleh meliputi: siklus I pertemuan pertama jumlah anak yang memperoleh nilai pada kriteria baik 10 orang (50%), siklus I pertemuan kedua 12 orang (60%). Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh nilai baik 15 orang (75%), siklus II pertemuan kedua diperoleh 18 orang (90%).
Hipotesis tindakan yang menyatakan: “Jika digunakan metode bermain peran di PAUD Lamahu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, maka sikap tolong menolong anak dapat dikembangkan, diterima”.
Kata kunci: Sikap Tolong Menolong, Metode Bermain Peran
Download berkas